by

Inilah Makanan Favorit yang Khas di Kota Bali

Belum lengkap rasanya jika jalan-jalan ke ‘bali’ tanpa merasakan kuliner khas disana. Banyak pengunjung local maupun turis mancanegara yang terpikat dengan keindahan bali. Selain pemandangannya yang memanjakan mata, tenyata kota sejuta pesona ini juga mempunyai berbagai kuliner yang bisa memanjakan lidah anda.

Untuk sekedar memberitahu, masyarakat bali mayoritasnya adalah Bergama hindu, so disana mungkin ada beberapa rumah makan yang menyediakan daging babi. Jadi buat kamu traveler muslim yang haram makan babi sebaiknya berhati-hati ya dalam memilah-milih kuliner disana.

Inilah Makanan Favorit yang Khas di Kota Bali

Untuk lebih mengetahui dengan jelas apa saja kuliner yang menunggu anda disana, berikut daftarnya :

Tum Ayam

Tum atau dalam basa jawa lebih dikenal dengan sebutan pepes, merupakan makanan khas bali yang sengaja diolah menggunakan daging ayam. Terdapat berbagai bumbu khas dalam makanan ini. Jika orang jawa mengolah pepes tanpa santan, kalau Tum bedanya pake santan.

Semua campuran bahan-bahan tersebut kemudian dibungkus dengan daun pisang, dimasak dengan cara dikukus. Tum biasanya tak hanya berbahan daging ayam saja. Beberapa restorant mungki menyediakan tum berbahan daging bebek.

Sate Lilit

Baru dengar nama sate aneh ini bukan ?….. Banyak sekali daerah-daerah di Indonesia yang mempunyai olahan sate khas. Namun di bali lebih khas lagi, daging yang biasanya di potong dadu kemudian di tusuk dijadikan sebagai daging halus, kemudian dililitkan pada bambu atau batang serai.

Untuk orang muslim, anda harus berhati-hati saat memilih sate lilit disana, karena ada beberapa sate lilit yang berbahan dasar daging babi. Namun tidak perlu khawatir, sejumlah sate ada juga yang terbuat dari daging ayam dan ikan.

Lawar

Merupakan makanan khas bali yang terbuat dari berbagai jenis sayur yang dibumbui dan campuran daging. Mengandung santan dan bumbu khas yang membuat aromanya enak. Beberapa jenis lawar terkadang ditambahi darah yang berasal dari daging itu sendiri guna menambah rasa lezatnya.

Lawar merupakan makanan cepat basi, tidak bisa tahan walah hanya dalam setengah hari. Bahan daging yang digunakan dalam makanan ini adalah daging babi. Ada berbagai jenis nama lawar disana, sebutan lawar sesuai dengan bahan yang digunakan seperti lawar babi, lawar nangka dan lain sebagainya.

Komoh

Makanan khas bali memang tidak ada habisnya, komoh salah satu makanan khas yang didalamnya terdap hati, kulit dan daging. Biasanya makanan ini dimasak saat ada acara-acara tertentu yang berhubungan dengan agama di bali.

Bahan daging yang digunakan adalah daging ayam, daging bebek dan daging babi. Mungkin anda akan sulit menemukan makanan ini di tempat-tempat makan yang umum.

Sate Plecing

Bahan utamanya ya adalah ikan atau daging, yang beda dari sate ini adalah bumbunya. Bumbu sate plecing khas bali diantaranya cabe rawit, tomat, terasi, perasan air jeruk limau dan garam. Rasanya manis, asin, gurih dan pedas bercampur semua. Gimana tertarik coba makanan khas bali yang satu ini ?.

Terdapat banyak makanan lain yang mungkin bisa anda coba, langsung aja ya travelling ke bali dan temukan sendiri makanan khasnya disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *